LK Monev Internal

 

Tabel 1. Instrumen Monev Berdasarkan Masalah yang Mendasar

NO

PERNYATAAN

JAWABAN

1

Apa yang dikerjakan?

Yang kami lakukan  adalah :

1.        Rapat Pembentukan  TIM Penjaminan Mutu   Pendidikan sekolah  ( TPMPS )

2.        TIM Penjaminan Mutu   Pendidikan sekolah               ( TPMPS ) mempelajari Rapor mutu sekolah,masalah dan rekomendasi

3.        TIM Penjaminan Mutu   Pendidikan sekolah              ( TPMPS )  Menyusun Lembar kerja berdasarkan Standar Nasional pendidikan,menyusun rencana  pemenuhan mutu dan mendokumentasikan  pemenuhan mutu yang telah dilakukan 

 

2

Mengapa hal  tersebut dikerjakan?

Agar Kerja TIM Penjaminan Mutu   Pendidikan Sekolah   ( TPMPS ) dalam pemenuhan mutu lebih terarah

 

3

Apakah yang sudah dikerjakan sudah memenuhi harapan?

Kami TIM Penjaminan Mutu   Pendidikan sekolah                ( TPMPS ) menganggap bahwa yang kami kerjakan sudah sesuai harapan berdasarkan dokumentasi yang kami miliki

 

4

Bagaimana meningkatkan mutu hasil pekerjaan?

Peningkatan mutu  hasil pekerjaan dapat dilakukan dengan cara :

1.        Peningkatan Kualitas Guru

2.        Peningkatan kesejahteraan guru

3.        Peningkatan Kualitas Belajar

4.        Perbaikan sarana dan prasarana sekolah

5.        Mengadakan Kunjungan ke Sekolah lain

6.        Gerakan Literasi Sekolah

7.        Menjalin hubungan dengan wali siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 2. Instrumen Monev Sistem

 

NO

PERNYATAAN

JAWABAN

1

Dalam bentuk apa kegiatan pemenuhan mutu dilakukan?

Kegiatan pemenuhan mutu yang kami lakukan :

1.      Pemetaan mutu yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan  berdasarkan Standar nasional Pendidikan ( SNP)

2.      Penyusunan rencana  peningkatan mutu yang dituangkan  dalam Rencana Kerja Sekolah

3.      Pelaksanaan pemenuhan mutu  baik dalam pengelolaan pendidikan maupun proses pembelajaran

4.      Monitoring dan evaluasi proses pelaksanaan pemenuhan mutu yang telah dilakukan

5.      Penetapan standar baru dan penyusunan strategi  peningkatan mutu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi

2

Siapa yang bertanggungjawab untuk melaksanakan pemenuhan mutu

Terhadap masalah ….?

1.      Pemerintah Pengambil Kebijakan (Dinas Pendidikan)

2.      Pengawas Sekolah

3.      Kepala Sekolah

4.      TIM Penjaminan Mutu  Pendidikan Sekolah (TPMPS)

5.      Pendidik dan Tenaga Kependidikan

6.      Komite Sekolah

3

Bagaimana peserta didik dibina dan dibimbing?

1.      Menjadi contoh bagi siswa

2.      Menjadi Apresiator

3.      Mengajarkan nilai moral pada setiap pembelajaran

4.      Memberikan kesempatan pada siswa untuk menjadi lebih baik

5.      Berbagi pengalaman Inspiratif

6.      Penyelenggaraan Sekolah  Ramah  Anak

4

Kapan pelaksanaan

Kegiatan pemenuhan mutu dilakukan?

Sebaiknya setiap semester atau  tahun ajaran

5

Bagaimana meningkatkan mutu hasil pekerjaan?

Peningkatan mutu  hasil pekerjaan dapat dilakukan dengan cara :

1.      Peningkatan Kualitas Guru

2.      Peningkatan kesejahteraan guru

3.      Peningkatan Kualitas Belajar

4.      Perbaikan sarana dan prasarana sekolah

5.      Mengadakan Kunjungan ke Sekolah lain

6.      Gerakan Literasi Sekolah

7.      Menjalin hubungan dengan wali siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 3. Instrumen Monev Keterlaksanaan Kegiatan Pemenuhan Mutu

No

Kegiatan

Keterlaksanaan

Kesesuaian dengan Rencana

Kendala/Alasan

1.

Mengajukan usulan untuk mendapatkan tenaga guru sesuai kebutuhan 

1.      Awal tahun   anggaran

1.  Tidak berjalan sesuai dengan rencana

1.  Pemerintah belum melakukan pemerataan guru

2.

Pembimbingan Guru dalam menggunakan gaya dan metode pembelajaran melalui MGMP

2.      Juli  - Desember

2.  Tidak berjalan sesuai dengan rencana

2.  Adanya PSBB akibat Virus Covid.19

3.

Pendampingan Penyempurnaan dokumen I KTSP

3.      Awal tahun ajaran

3.  Tidak berjalan sesuai dengan rencana

3.  Adanya PSBB akibat Virus Covid.19

4.

Melakukan pendampingan dan diskusi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran melalui pelatihan  dengan pendekatan saintifik berdasarkan  hasi l supervisi akademik tingkat  sekolah.

4.      #Semester I September

#Semester II

Maret

4.  Tidak berjalan sesuai dengan rencana

4.  Adanya PSBB akibat Virus Covid.19

5.

Workshop penyusunan perangkat penilaian tentang pembuatan kisi- kisi,rubrik penilaian, validasi ,dan analisis melalui MGMP sekolah

5.      Rencana  pelaksanaan pada bulan desember  tahun ajaran berjalan

5.  Tinggal direalisasikan

5.  Anggaran dana BOS tahap III

6.

 Pendampingan Guru dalam menyusun program remedial dan pengayaan

6.      #Semester I September

#Semester II

Maret

6.  Tidak berjalan sesuai dengan rencana

6.  Adanya PSBB akibat Virus Covid.19

7.

Penguatan atau pelatihan kepala Sekolah

7.      Awal tahun ajaran

7.  Berjalan sesuai dengan rencana

 

7.  -

8.

Mengajukan usulan kepada pemerintah pengambil kebijakan untuk mendapatkan tambahan ruang belajar dan Renovasi ruang tata usaha

 

8.      Awal tahun ajaran

8.  Sementara menunggu realisasi dari pihak terkait

8.  Sementera menunggu realisasi dari pihak terkait

9.

Workshop penyusunan RKJM, RKT, dan RKAS

9.      Awal tahun anggaran berkutnya

9.  Tinggal realisasi

9.  -


Tabel 4. Penyusunan indikator evaluasi pelaksanaan pemenuhan mutu

 

 

 

Program

 

Kegiatan

Indikator Capaian

Kesimpulan dan      Rekomendasi

 

 

Input

 

Proses

 

Output

 

Outcome

v Pengangkatan guru

 

 

 

 

 

 

v Peningkatan kompetensi guru

v Melaksanakan pemerataan guru

berdasarkan kebutuhan sekolah

 

 

 

 

 

 

v Pembimbingan guru dalam menggunakan gaya dan metode pembelajaran melalui  MGMP

28,6% guru mengajar tidak sesuai latar belakang pendidikan

 

 

 

15 % guru mengajar  tidak sesuai dengan gaya dan metode  dengan  materi yang diajarkan

 

*   Progres capaian pemerataan guru

 

*   Kualitas guru

 

 

 

*   Progres capaian keterlaksanaan  MGMP

*   Kualitas MGMP

100 % guru mengajar  sesuai latar belakang pendidikan

 

 

 

100 % guru mengajar  sesuai dengan gaya dan metode  dengan  materi yang diajarkan

 

Meningkatnya capaian rata – rata prestasi belajar siswa

 

 

 

 

Meningkatnya minat belajar siswa dengan gaya dan metode yang kita gunakan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

v Perbaikan dokumen I KTSP dalam pengembangankompetensi sikap dan minat belajar siswa

v Pendampingan penyusunan dokumen I  KTSP dalam pengembangan kompetensi sikap dan minat belajar siswa

100  % guru terlibat dalam

Penyusunan KTSP

*    Progres capaian keterlaksanaan 

*    Pendampingan penyusunan dokumen I  KTSP

*    Kualitas  KTSP

100  % guru memahami

Isi KTSP

Meningkatnya mutu pendidikan secara keseluruhan di sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

v Pendampingan dan diskusi

v Melakukan pendampingan dan diskusi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran melalui pelatihan model pembelajaran saintifik berdasarkan hasil supervise akademik tingkat sekolah

15 % guru belum melakukan proses pembelajaran berbasis sanitifik

 

*    Progres capaian keterlaksanaan 

*    Pendampingan

proses pembelajaran berbasis sanitifik

*    Kualitas Pendampingan

100 % guru melakukan proses pembelajaran berbasis sanitifik

Meningkatnya minat belajar siswa dengan pendekatan  yang kita gunakan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

v Workshop

v Workshop tentang penyusunan kisi-kisi,rubrik penilaian, validasi dan analisis

15 % guru belum

penyusunan kisi-kisi soal,rubrik penilaian, dan melakukan validasi dan analisis soal

*    Progres capaian keterlaksanaan  Workshop tentang penyusunan kisi-kisi,rubrik penilaian, validasi dan analisis

 

*    Kualitas workshop

 

100 % guru sudah mampu

menyusun kisi-kisi soal,rubrik penilaian, dan melakukan validasi dan analisis soal

Meningkatnya capaian rara – rara prestasi belajar siswa

 

 

 

 

 

v PengangkatanKepala Sekolah sesuai dengan kompotensi yang  dimiliki.

v Melakukan pengangkatan Kepala Sekolah sesuai dengan kompotensi yang  dimiliki.

 

Kepala sekolah belum memiliki sertifikat kepala sekolah

*    Pendidikan dan pelatihan kepala sekolah

*    Kualitas DIKLAT

 

Kepala sekolah memiliki sertifikat kepala sekolah

Meningkatnya mutu pendidikan secara keseluruhan di sekolah

 

v Mengajukan permohonan penambahan ruang kelas baru

 

 

 

v Menganggarkan pembuatan lapangan permanen pada tahun anggaran berikutnya

 

 

v Mengajukan permohonan pembuatan ruang tata usaha yang layak.

v Melaksanakan permohonan penambahan ruang kelas baru

 

 

 

 

 

 

v Melakukan pembuatan lapangan permanen pada tahun anggaran berikutnya

 

 

 

 

 

 

v Melaksanakan permohonan pembuatan ruang tata usaha yang layak.

 

 

 

 

Jumlah siswa dengan Rombel tidak sesuai

 

 

 

 

 

Lapangan tidak permanen

 

 

 

 

 

 

 

Ruang tata Usaha tidak layak

*    Pembuatan ruang belajar baru

 

*    Kualitas bangunan

 

 

*    Pembuatan lapangan permanen

 

*    Kualitas bangunan

 

 

 

*    Pembangunan Ruang tata Usaha yang layak

 

*    Kualitas bangunan

 

Jumlah siswa dengan Rombel sesuai

 

 

 

 

 

Lapangan pemanen

 

 

 

 

 

 

 

Ruang tata Usaha yang  layak

Meningkatnya sarana dan prasarana sekolah

 

 

 

 

Meningkatnya sarana dan prasarana sekolah

 

 

 

 

 

Meningkatnya sarana dan prasarana sekolah

 

Laporan Hasil Monev Internal

 

                     Tanggal Monev              :   24 Oktober 2020

 

                     Petugas Monev              :   Hj. JASMANI, S.Pd.

                    

                     Sasaran Monev               : 1. Untuk mengetahui pencapaian sasaran program Sistim Penjaminan Mutu Internal sekolah

                                                               2. Melakukan Perbaikan terhadap pelaksanaan yang dihadapi, baik pada tahun berjalan maupun sebagai masukan untuk program yang akan datang

 

                     Tempat Monev (ruang)  : Ruang Guru UPT. SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara

 

                     Apa yang dimonev        : 1. Proses Pengumpulan data realisasi program/kegiatan

                                                               2. Pelaporan kegiatan

                                                               3. Penilaian dan evaluasi capaian kinerja

                                            

 

                     Temuan                            : 1. Masih ada 28,6 % guru mengajar dengan latar pendidikan yang tidak selaras

                                                                2. Gaya dan metode pembelajaran yang diterapkan masih ada tidak mengarah pada bakat, minat dan kemampuan belajar siswa

                                                              3. Masih ada 15 % guru belum melakukan proses pembelajaran berbasis saintifik

4. 15% guru belum menyusun kisi-kisi, rubrik, validasi dan analisis

5. 15% guru belum melaksakan program remedial dan pengayaan secara optimal.

6. Kepala sekolah belum memiliki sertifikat kepala sekolah

7. Tidak cukup ruang kelas.

8. Kesulitan dalam pembuatan lapangan permanen

9. Kesulitan dalam pembangunan ruang tata usaha

 

                        Akar Masalah               : 1. Kurang adanya pemerataan guru di setiap sekolah

2. Perubahan terhadap gaya dan metode pembelajaran yang diterapkan guru  sulit berubah.

3. Terbatasnya dana BOS untuk mengadakan MGMP Sekolah

4. Kepala sekolah belum mengikuti diklat kepala sekolah

5. Anggaran Dana BOS tidak diperkenangkan  untuk perbaikan di atas 30 %

 

 

 

 

Komentar