LK Monev Internal
Tabel 1. Instrumen Monev Berdasarkan Masalah yang Mendasar
NO |
PERNYATAAN |
JAWABAN |
1 |
Apa
yang dikerjakan? |
Yang kami
lakukan adalah : 1.
Rapat
Pembentukan TIM Penjaminan Mutu Pendidikan sekolah ( TPMPS ) 2.
TIM Penjaminan
Mutu Pendidikan sekolah ( TPMPS ) mempelajari Rapor mutu
sekolah,masalah dan rekomendasi 3.
TIM Penjaminan
Mutu Pendidikan sekolah ( TPMPS ) Menyusun Lembar kerja berdasarkan Standar
Nasional pendidikan,menyusun rencana
pemenuhan mutu dan mendokumentasikan pemenuhan mutu yang telah dilakukan |
2 |
Mengapa hal tersebut dikerjakan? |
Agar Kerja TIM Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah ( TPMPS ) dalam pemenuhan
mutu lebih terarah |
3 |
Apakah yang sudah dikerjakan sudah memenuhi harapan? |
Kami TIM Penjaminan Mutu Pendidikan sekolah (
TPMPS ) menganggap bahwa yang kami kerjakan sudah sesuai harapan berdasarkan
dokumentasi yang kami miliki |
4 |
Bagaimana meningkatkan mutu hasil pekerjaan? |
Peningkatan
mutu hasil pekerjaan dapat dilakukan
dengan cara : 1.
Peningkatan
Kualitas Guru 2.
Peningkatan
kesejahteraan guru 3.
Peningkatan
Kualitas Belajar 4.
Perbaikan sarana
dan prasarana sekolah 5.
Mengadakan
Kunjungan ke Sekolah lain 6.
Gerakan Literasi
Sekolah 7.
Menjalin hubungan
dengan wali siswa |
Tabel 2. Instrumen Monev Sistem
NO |
PERNYATAAN |
JAWABAN |
1 |
Dalam bentuk apa kegiatan pemenuhan mutu dilakukan? |
Kegiatan pemenuhan mutu yang kami lakukan : 1.
Pemetaan mutu yang
dilaksanakan oleh satuan pendidikan
berdasarkan Standar nasional Pendidikan ( SNP) 2.
Penyusunan
rencana peningkatan mutu yang
dituangkan dalam Rencana Kerja Sekolah
3.
Pelaksanaan
pemenuhan mutu baik dalam pengelolaan
pendidikan maupun proses pembelajaran 4.
Monitoring dan
evaluasi proses pelaksanaan pemenuhan mutu yang telah dilakukan 5.
Penetapan standar
baru dan penyusunan strategi
peningkatan mutu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi |
2 |
Siapa yang bertanggungjawab untuk melaksanakan pemenuhan mutu Terhadap masalah
….? |
1.
Pemerintah
Pengambil Kebijakan (Dinas Pendidikan) 2.
Pengawas Sekolah 3.
Kepala Sekolah 4.
TIM Penjaminan
Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) 5.
Pendidik dan Tenaga
Kependidikan 6.
Komite Sekolah |
3 |
Bagaimana peserta didik dibina dan dibimbing? |
1. Menjadi contoh bagi siswa 2. Menjadi Apresiator 3. Mengajarkan nilai moral pada setiap pembelajaran 4. Memberikan kesempatan pada siswa untuk menjadi lebih
baik 5. Berbagi pengalaman Inspiratif 6. Penyelenggaraan Sekolah
Ramah Anak |
4 |
Kapan pelaksanaan Kegiatan pemenuhan mutu dilakukan? |
Sebaiknya setiap semester atau
tahun ajaran |
5 |
Bagaimana meningkatkan mutu hasil pekerjaan? |
Peningkatan mutu hasil pekerjaan
dapat dilakukan dengan cara : 1. Peningkatan Kualitas Guru 2. Peningkatan kesejahteraan guru 3. Peningkatan Kualitas Belajar 4. Perbaikan sarana dan prasarana sekolah 5. Mengadakan Kunjungan ke Sekolah lain 6. Gerakan Literasi Sekolah 7.
Menjalin hubungan
dengan wali siswa |
Tabel 3. Instrumen Monev Keterlaksanaan Kegiatan Pemenuhan Mutu
No |
Kegiatan |
Keterlaksanaan |
Kesesuaian dengan Rencana |
Kendala/Alasan |
1. |
Mengajukan usulan untuk
mendapatkan tenaga guru sesuai kebutuhan
|
1. Awal tahun anggaran |
1. Tidak berjalan
sesuai dengan rencana |
1. Pemerintah belum
melakukan pemerataan guru |
2. |
Pembimbingan Guru dalam menggunakan gaya dan metode
pembelajaran melalui MGMP |
2. Juli - Desember |
2. Tidak berjalan
sesuai dengan rencana |
2. Adanya PSBB akibat
Virus Covid.19 |
3. |
Pendampingan Penyempurnaan
dokumen I KTSP |
3. Awal tahun ajaran |
3. Tidak berjalan
sesuai dengan rencana |
3. Adanya PSBB akibat
Virus Covid.19 |
4. |
Melakukan pendampingan dan diskusi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran melalui pelatihan dengan pendekatan saintifik berdasarkan hasi l supervisi akademik tingkat sekolah. |
4. #Semester I September #Semester II Maret |
4. Tidak berjalan
sesuai dengan rencana |
4. Adanya PSBB akibat
Virus Covid.19 |
5. |
Workshop penyusunan perangkat penilaian tentang pembuatan kisi-
kisi,rubrik penilaian, validasi ,dan analisis melalui MGMP sekolah |
5.
Rencana pelaksanaan pada bulan desember tahun ajaran berjalan |
5. Tinggal direalisasikan |
5. Anggaran dana BOS tahap III |
6. |
Pendampingan Guru dalam menyusun
program remedial dan pengayaan |
6. #Semester I September #Semester II Maret |
6. Tidak berjalan sesuai dengan rencana |
6. Adanya PSBB akibat Virus Covid.19 |
7. |
Penguatan atau pelatihan kepala Sekolah |
7. Awal tahun ajaran |
7. Berjalan sesuai dengan rencana |
7. - |
8. |
Mengajukan usulan kepada pemerintah pengambil kebijakan untuk mendapatkan tambahan ruang belajar dan Renovasi ruang tata usaha |
8. Awal tahun ajaran |
8. Sementara menunggu
realisasi dari pihak terkait |
8. Sementera menunggu realisasi dari pihak terkait |
9. |
Workshop penyusunan RKJM, RKT,
dan RKAS |
9. Awal tahun anggaran berkutnya |
9. Tinggal realisasi |
9. - |
Tabel 4.
Penyusunan indikator evaluasi pelaksanaan pemenuhan mutu
Program |
Kegiatan |
Indikator Capaian |
Kesimpulan dan
Rekomendasi |
|||
Input |
Proses |
Output |
Outcome |
|||
v Pengangkatan
guru v Peningkatan kompetensi guru |
v Melaksanakan pemerataan guru berdasarkan kebutuhan sekolah v Pembimbingan
guru dalam menggunakan gaya dan metode pembelajaran melalui MGMP |
28,6% guru mengajar tidak sesuai latar belakang pendidikan 15 % guru mengajar tidak sesuai dengan gaya dan metode dengan
materi yang diajarkan |
*
Progres
capaian pemerataan guru *
Kualitas guru *
Progres capaian keterlaksanaan MGMP *
Kualitas
MGMP |
100 % guru mengajar
sesuai latar belakang pendidikan 100 % guru mengajar sesuai dengan gaya dan metode
dengan materi yang diajarkan |
Meningkatnya capaian rata – rata prestasi belajar siswa Meningkatnya minat belajar siswa dengan gaya dan metode
yang kita gunakan |
|
v Perbaikan dokumen I KTSP dalam pengembangankompetensi sikap dan
minat belajar siswa |
v Pendampingan penyusunan dokumen I
KTSP dalam pengembangan kompetensi sikap dan minat belajar siswa |
100 % guru terlibat dalam Penyusunan KTSP |
*
Progres
capaian keterlaksanaan *
Pendampingan penyusunan dokumen I
KTSP *
Kualitas KTSP |
100 % guru memahami Isi KTSP |
Meningkatnya mutu pendidikan secara keseluruhan di
sekolah |
|
v Pendampingan dan diskusi |
v Melakukan pendampingan dan diskusi terhadap pelaksanaan proses
pembelajaran melalui pelatihan model pembelajaran saintifik berdasarkan hasil supervise akademik tingkat sekolah |
15 % guru belum melakukan proses pembelajaran berbasis sanitifik |
*
Progres
capaian keterlaksanaan *
Pendampingan proses pembelajaran berbasis sanitifik *
Kualitas Pendampingan |
100 % guru melakukan
proses pembelajaran berbasis sanitifik |
Meningkatnya minat belajar siswa dengan pendekatan yang kita gunakan |
|
v Workshop
|
v Workshop
tentang penyusunan kisi-kisi,rubrik penilaian, validasi dan analisis |
15 % guru belum penyusunan
kisi-kisi soal,rubrik penilaian, dan melakukan validasi dan analisis soal |
*
Progres
capaian keterlaksanaan Workshop
tentang penyusunan kisi-kisi,rubrik penilaian, validasi dan analisis * Kualitas workshop |
100 % guru sudah mampu menyusun
kisi-kisi soal,rubrik penilaian, dan melakukan validasi dan analisis soal |
Meningkatnya capaian rara – rara prestasi belajar siswa |
|
v PengangkatanKepala Sekolah sesuai dengan kompotensi
yang dimiliki. |
v Melakukan pengangkatan Kepala Sekolah sesuai dengan kompotensi yang dimiliki. |
Kepala sekolah belum memiliki sertifikat kepala sekolah |
*
Pendidikan dan pelatihan kepala sekolah *
Kualitas
DIKLAT |
Kepala sekolah memiliki sertifikat kepala sekolah |
Meningkatnya mutu pendidikan secara keseluruhan di
sekolah |
|
v Mengajukan permohonan penambahan ruang kelas baru v Menganggarkan pembuatan lapangan permanen pada tahun anggaran berikutnya v Mengajukan permohonan pembuatan ruang tata usaha yang layak. |
v Melaksanakan permohonan penambahan ruang kelas baru v Melakukan pembuatan lapangan permanen pada tahun anggaran berikutnya v Melaksanakan permohonan pembuatan ruang tata usaha yang layak. |
Jumlah siswa dengan Rombel tidak sesuai Lapangan tidak permanen Ruang tata Usaha tidak layak |
*
Pembuatan
ruang belajar baru *
Kualitas
bangunan *
Pembuatan
lapangan permanen *
Kualitas
bangunan *
Pembangunan
Ruang tata Usaha yang layak *
Kualitas
bangunan |
Jumlah siswa dengan Rombel sesuai Lapangan pemanen Ruang tata Usaha yang
layak |
Meningkatnya sarana dan prasarana sekolah Meningkatnya sarana dan prasarana sekolah Meningkatnya sarana dan prasarana sekolah |
|
Laporan Hasil Monev
Internal
Tanggal Monev : 24 Oktober 2020
Petugas Monev : Hj. JASMANI,
S.Pd.
Sasaran Monev : 1. Untuk mengetahui pencapaian sasaran program Sistim
Penjaminan Mutu Internal sekolah
2. Melakukan Perbaikan terhadap pelaksanaan yang dihadapi,
baik pada tahun berjalan maupun sebagai masukan untuk
program yang akan datang
Tempat Monev (ruang) : Ruang Guru UPT.
SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara
Apa yang dimonev : 1. Proses Pengumpulan data realisasi program/kegiatan
2. Pelaporan kegiatan
3. Penilaian dan evaluasi capaian kinerja
Temuan : 1. Masih ada 28,6 % guru mengajar dengan latar pendidikan yang tidak selaras
2. Gaya dan metode pembelajaran
yang diterapkan masih ada tidak mengarah pada bakat, minat dan kemampuan belajar siswa
3. Masih ada 15 % guru belum melakukan
proses pembelajaran berbasis saintifik
4.
15% guru belum menyusun kisi-kisi, rubrik, validasi dan analisis
5.
15% guru belum melaksakan program remedial dan pengayaan
secara optimal.
6. Kepala sekolah
belum memiliki sertifikat kepala sekolah
7. Tidak
cukup ruang kelas.
8. Kesulitan dalam pembuatan lapangan
permanen
9. Kesulitan dalam pembangunan
ruang tata usaha
Akar Masalah : 1.
Kurang adanya pemerataan guru di setiap sekolah
2. Perubahan terhadap gaya dan metode pembelajaran yang diterapkan guru sulit berubah.
3. Terbatasnya dana BOS untuk mengadakan MGMP Sekolah
4. Kepala sekolah
belum mengikuti diklat kepala sekolah
5. Anggaran Dana BOS tidak diperkenangkan untuk perbaikan di atas 30 %
Komentar
Posting Komentar