LK Rencana Pemenuhan Mutu

 

Tabel 1. Penyusunan Rencana Peningkatan Mutu

 

Standar

Masalah

Akar Masalah

Rekomendasi

Program

Kegiatan

Volume

Biaya

Sumber daya

SKL

v Masih ada 28,6% berkualifikasi dan latar belakang pendidikan guru tidak selaras dengan mata pelajaran yang diampu.

 

 

v Gaya dan metode pembelajaran yang diterapkan tidak mengarah pada bakat, minat dan kemampuan belajar siswa.

v Kurang adanya pemerataan guru di setiap sekolah

 

 

 

 

v Perubahan terharap gaya dan metode pembelajaran yang diterapkan guru  sulit  berubah.

 Pemerintah pengambil kebijakan perlu melakukan pemerataan guru secara berkala

 

Guru perlu meningkatkan komptensi dalam menggunakan gaya dan metode pembelajaran

Pengangkatan  guru

 

 

 

 

 

Peningkatan komptensi guru

Melaksanakan pemerataan guru berdasarkan kebutuahan sekolah

 

Pembimbingan guru dalam menggunakan gaya dan metode pembelajaran melalui MGMP

 

6 orang

 

 

 

 

 

 

18 orang

-

 

 

 

 

 

 

Rp. 5.400.000

APBN

 

 

 

 

 

 

Dana BOS

ISI

Sistem informasi manajemen yang dimiliki sekolah belum memberikan akses kepada pemangku kepentingan secara maksimal.

  Komitmen sekolah sudah cukup  melibatkan pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum  sekolah.

Sistem informasi manajemen yang dimiliki sekolah dalam memberikan akses kepada pemangku kepentingan perlu  ditingkatkan .

 

v Perbaikan dokumen I KTSP dalam pengembangan kompetensi sikap dan minat belajar siswa

Pendampingan penyusunan dokumen I  KTSP dalam pengembangan kompetensi sikap dan minat belajar siswa

 1 kegiatan

 Rp. 850.000

Dana BOS

PROSES

15 % guru belum  melakukan proses pembelajaran berbasis saintifik

 

Sebagian kecil guru belum melaksanakan proses pembelajaran berbasis saintifik secara maksimal

Guru perlu meningkatkan kompetensi dalam dalam proses pembelajaran berbasis saintifik

Pendampingan dan diskusi

Melakukan pendampingan dan diskusi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran berdasarkan hasil supervisi akademik tingkat sekolah.

 

20 orang X 2 Kegiatan

 Rp. 1.960.000

Dana BOS

PENILAIAN

Belum semua guru memahami prosedur penilaian otentik dengan baik.

 

Komitmen guru  terhadap pelaksanaan penilaian secara otentik sudah cukup.

Guru perlu meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan penilaian proses pembelajaran secara otentik.

Peningkatan kompetensi

Workshop peningkatan kompetensi terhadap pelaksanaan penilaian proses pembelajaran  otentik melalui MGMP sekolah.

 

 

 

20 orang X 1 Kegiatan

 

   

Rp. 3.838.000

   

Dana BOS

15% guru belum menyusun kisi- kisi, rubrik, validasi dan analisis

Pemahaman dalam penyusunan perangkat penilaian sudah cukup baik.

 

Diadakan workshop tentang penilaian

 

Penyusunan perangkat penilaian

Workshop perangkat penilaian tentang penyusunan kisi- kisi, rubrik, validasi dan analisis.

 

15% guru belum melaksakan program remedial dan pengayaan secara optimal.

 

Para guru belum maksimal dalam memberikan program remedial dan pengayaan karena keterbatasan waktu.

 

Dibuatkan penjadwalan khusus untuk program remedial dan pengayaan.

Melakukan penjadwalan khusus untuk program remedial dan pengayaan.

Pendampingan guru dalam menyusun program remedial dan pengayaan .

2 x kegiatan

 Rp. 1.320.000

Dana BOS

PTK

Komitmen penyelenggara pendidikan dalam mewujudkan rasio guru terhadap rombongan belajar  sudah cukup

 

 

 

Komitmen perekrutan kepala sekolah seringkali belum mengikuti aturan

 

 

 

Pelaksanaan pemerataan guru masih kurang

 

 

 

 

 

Komitmen perekrutan kepala sekolah seringkali belum mengikuti aturan

 

 

Diharapkan pemerintah pengambil kebijakan agar melakukan pemerataan guru secara menyeluruh.

 

Pelaksanaan Pengangkatan kepala sekolah agar pemerintah pengambil kebijakan dalam merekrut dapat mempertimbangkan kompetensi yang mereka miliki.

 

Melakukan penjadwal khusus untuk program peningkatan profesi tenaga pendidik dan kependidikan

Workshop peningkatan mutu dan profesi guru dan tenaga kependidikan.

 

 

APBN

PENGELOLAAN

Kualifikasi dan kompetensi  kepala sekolah terhadap pelaksanaan supervisi sudah baik

 

Pengangkatan  kepala sekolah tidak disertai dengan kompetensi yang dimiliki .

Pelaksanaan Pengangkatan kepala sekolah agar pemerintah pengambil kebijakan dalam merekrut dapat mempertimbangkan kompetensi yang mereka miliki.

Melakukan pengangkatan Kepala Sekolah sesuai dengan kompotensi yang dimiliki

Melakukan Pengangkatan Kepala Sekolah sesuai dengan kompotensi yang dimiliki

 

 

APBN

SARPRAS

Tidak cukup ruang kelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesulitan dalam pembuatan lapangan permanen  

 

 

 

 

 

v Kesulitan dalam pembangunan ruang tata usaha
     

 

v Perhatian pemerintah terhadap sekolah yang memiliki jumlah ruangan terbatas atau tidak sesuai dengan jumlah siswa masih rendah .

v Jumlah bangunan terbatas

 

v Anggaran dana BOS belum mencukupi

 

 

 

 

v Perhatian pemerintah terhadap sekolah yang  belum memiliki ruang tata usaha yang layak  masih rendah

 

 

 

 

Perhatian pemerintah atau Dinas Pendidikan terhadap sekolah yang mengalami kesulitan membuat ruang kelas baru mengembangkan sarana agar dapat ditingkatkan.

 

 

v Direncanakan untuk tahun anggaran selanjutnya untuk pembuatan lapangan permanen

 

 

v Perhatian pemerintah atau Dinas Pendidikan terhadap sekolah yang belum memiliki ruang tata usaha yang layak  mengembangkan sarana agar dapat ditingkatkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengajukan permohonan penambahan ruang kelas baru.

 

 

 

 

 

 

 

 

Menganggarkan pembuatan lapangan permanen pada tahun anggaran berikutnya

 

Mengajukan permohonan pembuatan ruang tata usaha yang layak 

 

Melaksanakan permohonan penambahan  ruang kelas baru

 

 

 

 

 

 

 

 

Melakukan pembuatan lapngan permanen pada tahun anggaran berikutnya

 

Melaksanakan permohonan pembuatan ruang tata usaha yang layak 

 

 

 

APBN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dana BOS

 

 

 

 

 

 

APBN

PEMBIAYA-AN

RKJM, RKT dan RKAS  sudah tersusun berdasarkan hasil EDS atau rapor mutu namun masih perlu perbaikan

RKJM, RKT dan RKAS  sudah tersusun berdasarkan hasil EDS atau rapor mutu namun masih perlu perbaikan

Dalam mengelola dana sekolah masih perlu penyempurnaan untuk  menyusun RKJM, RKT dan RKAS dengan berdasarkan pada hasil EDS atau Rapor mutu.

 

Melakukan penjadwalan khusus untuk program penyusunan RKJM, RKT, dan RKAS

Workshop penyusunan RKJM, RKT, dan RKAS

1 kegiatan

Rp.3.838.000

Dana BOS

 

 

                                                                                                                                                                                                           


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK Pemetaan Mutu