LK Rencana Pemenuhan Mutu
Tabel 1. Penyusunan Rencana Peningkatan Mutu
|
Standar |
Masalah |
Akar Masalah |
Rekomendasi |
Program |
Kegiatan |
Volume |
Biaya |
Sumber daya |
|
SKL |
v
Masih ada 28,6%
berkualifikasi dan latar belakang pendidikan guru tidak selaras dengan mata
pelajaran yang diampu. v
Gaya dan metode
pembelajaran yang diterapkan tidak mengarah pada bakat, minat dan kemampuan
belajar siswa. |
v
Kurang adanya pemerataan
guru di setiap sekolah v
Perubahan terharap gaya
dan metode pembelajaran yang diterapkan guru
sulit berubah. |
❖Pemerintah pengambil kebijakan perlu
melakukan pemerataan guru secara berkala ❖Guru perlu meningkatkan
komptensi dalam menggunakan gaya dan metode pembelajaran |
❖Pengangkatan guru ❖Peningkatan komptensi guru |
❖Melaksanakan pemerataan guru berdasarkan
kebutuahan sekolah ❖Pembimbingan guru dalam
menggunakan gaya dan metode pembelajaran melalui MGMP |
6
orang 18
orang |
- Rp. 5.400.000 |
APBN Dana
BOS |
|
ISI |
❖
Sistem informasi manajemen yang dimiliki sekolah belum memberikan akses
kepada pemangku kepentingan secara maksimal. |
❖ Komitmen sekolah sudah
cukup melibatkan pemangku kepentingan
dalam pengembangan kurikulum sekolah. |
❖ Sistem
informasi manajemen yang dimiliki sekolah dalam memberikan akses kepada pemangku
kepentingan perlu ditingkatkan . |
v Perbaikan
dokumen I KTSP dalam pengembangan kompetensi sikap dan minat belajar siswa |
❖Pendampingan
penyusunan dokumen I KTSP dalam
pengembangan kompetensi sikap dan minat belajar siswa |
1 kegiatan |
Rp. 850.000 |
Dana
BOS |
|
PROSES |
15 % guru belum melakukan
proses pembelajaran berbasis saintifik |
Sebagian
kecil guru belum melaksanakan proses pembelajaran berbasis saintifik secara
maksimal |
Guru perlu meningkatkan
kompetensi dalam dalam proses pembelajaran berbasis saintifik |
Pendampingan dan diskusi |
Melakukan pendampingan dan diskusi terhadap pelaksanaan proses
pembelajaran berdasarkan hasil supervisi akademik tingkat sekolah. |
20
orang X 2 Kegiatan |
Rp. 1.960.000 |
Dana
BOS |
|
PENILAIAN |
Belum semua guru memahami prosedur penilaian otentik dengan
baik. |
Komitmen guru terhadap pelaksanaan penilaian secara
otentik sudah cukup. |
Guru perlu meningkatkan
kompetensi dalam melaksanakan penilaian proses pembelajaran secara otentik. |
Peningkatan kompetensi |
Workshop peningkatan kompetensi terhadap pelaksanaan penilaian
proses pembelajaran otentik melalui
MGMP sekolah. |
20
orang X 1 Kegiatan |
Rp. 3.838.000 |
Dana
BOS |
|
15% guru belum
menyusun kisi- kisi, rubrik, validasi dan analisis |
Pemahaman dalam penyusunan perangkat
penilaian sudah cukup baik. |
Diadakan workshop tentang penilaian |
Penyusunan perangkat penilaian |
Workshop
perangkat penilaian tentang penyusunan kisi- kisi, rubrik, validasi dan analisis. |
||||
|
|
15% guru belum melaksakan program remedial dan pengayaan
secara optimal. |
Para guru belum maksimal dalam memberikan program remedial
dan pengayaan karena keterbatasan
waktu. |
Dibuatkan penjadwalan khusus untuk
program remedial dan pengayaan. |
Melakukan
penjadwalan khusus untuk program remedial dan pengayaan. |
Pendampingan guru dalam menyusun program remedial dan pengayaan . |
2
x kegiatan |
Rp. 1.320.000 |
Dana
BOS |
|
PTK |
❖ Komitmen penyelenggara
pendidikan dalam mewujudkan rasio guru terhadap rombongan belajar sudah cukup ❖ Komitmen perekrutan kepala sekolah
seringkali belum mengikuti aturan |
❖ Pelaksanaan
pemerataan guru masih kurang ❖ Komitmen perekrutan kepala sekolah
seringkali belum mengikuti aturan |
❖Diharapkan pemerintah pengambil
kebijakan agar melakukan pemerataan guru secara menyeluruh. ❖Pelaksanaan Pengangkatan kepala
sekolah agar pemerintah pengambil kebijakan dalam merekrut dapat mempertimbangkan
kompetensi yang mereka miliki. |
Melakukan penjadwal khusus untuk program peningkatan
profesi tenaga pendidik dan kependidikan |
Workshop
peningkatan mutu dan profesi guru dan tenaga kependidikan. |
|
|
APBN |
|
PENGELOLAAN |
❖Kualifikasi dan kompetensi kepala sekolah terhadap pelaksanaan
supervisi sudah baik |
❖ Pengangkatan kepala sekolah tidak disertai dengan
kompetensi yang dimiliki . |
❖ Pelaksanaan Pengangkatan
kepala sekolah agar pemerintah pengambil kebijakan dalam merekrut dapat
mempertimbangkan kompetensi yang mereka miliki. |
Melakukan pengangkatan Kepala Sekolah sesuai dengan
kompotensi yang dimiliki |
Melakukan
Pengangkatan Kepala Sekolah sesuai dengan kompotensi yang dimiliki |
|
|
APBN |
|
SARPRAS |
❖Tidak
cukup ruang kelas. ❖ Kesulitan
dalam pembuatan lapangan permanen v Kesulitan dalam pembangunan ruang
tata usaha |
v Perhatian pemerintah terhadap sekolah yang
memiliki jumlah ruangan terbatas atau tidak sesuai dengan jumlah siswa masih
rendah . v Jumlah bangunan terbatas v
Anggaran
dana BOS belum mencukupi v
Perhatian
pemerintah terhadap sekolah yang belum
memiliki ruang tata usaha yang layak masih rendah |
❖Perhatian pemerintah atau Dinas
Pendidikan terhadap sekolah yang mengalami kesulitan membuat ruang kelas baru
mengembangkan sarana agar dapat ditingkatkan. v Direncanakan untuk tahun anggaran
selanjutnya untuk pembuatan lapangan permanen v Perhatian pemerintah atau Dinas
Pendidikan terhadap sekolah yang belum memiliki ruang tata usaha yang layak mengembangkan sarana agar dapat
ditingkatkan. |
Mengajukan
permohonan penambahan ruang kelas baru. Menganggarkan
pembuatan lapangan permanen pada tahun anggaran berikutnya Mengajukan permohonan pembuatan ruang tata usaha yang
layak |
Melaksanakan
permohonan penambahan ruang kelas baru
Melakukan
pembuatan lapngan permanen pada tahun anggaran berikutnya Melaksanakan
permohonan pembuatan ruang tata usaha yang layak |
|
|
APBN Dana
BOS APBN |
|
PEMBIAYA-AN |
❖ RKJM, RKT dan RKAS sudah
tersusun berdasarkan hasil EDS atau rapor mutu namun masih perlu perbaikan |
❖RKJM, RKT dan RKAS sudah tersusun berdasarkan hasil EDS atau
rapor mutu namun masih perlu perbaikan |
❖Dalam mengelola dana sekolah masih
perlu penyempurnaan untuk menyusun
RKJM, RKT dan RKAS dengan berdasarkan pada hasil EDS atau Rapor mutu. |
Melakukan penjadwalan khusus untuk program penyusunan
RKJM, RKT, dan RKAS |
Workshop
penyusunan RKJM, RKT, dan RKAS |
1
kegiatan |
Rp.3.838.000 |
Dana
BOS |
Komentar
Posting Komentar